Minggu, 06 Januari 2019

Writer's Block


Saat ini semakin banyak penulis yang mulai bermunculan. Tentu saja setelah mereka  melalui proses hingga sampai di titik itu. Banyak orang yang bisa menulis, tapi tidak semua orang bisa menjadi penulis.

Perlu niat dan kerja keras untuk menggapainya. Terlebih penyakit WB (writer's block) terkadang datang dan menghantui para penulis. Hal ini tidak hanya berlaku pada penulis pemula, bahkan penulis senior dan pro sekalipun terkadang diserang writer's block. Mungkin masih banyak yang merasa asing dengan writer block, maka sebelum membahas tentang cara melawan WB terlebih dahulu simak penjelasan tentang apakah writer's block itu.

Writer's block adalah suatu keadaan di mana seorang penulis tidak dapat menuangkan idenya ke dalam bentuk tulisan. Sebenarnya WB bukanlah masalah yang serius, hanya saja tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Jadi pada saat writer's block datang, jangan pernah memaksakan diri untuk menulis. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk melawannya, seperti kegiatan di bawah ini yang bisa dicoba pada saat WB menyerang.

1. Mencari tempat yang nyaman.

    Setiap orang pastinya memiliki tempat yang membuat mereka merasa nyaman. Tempat yang                membuat pikiran mereka menjadi jernih sehingga ide akan muncul dengan sendirinya. Salah satu        tempat yang bisa dikunjungi yaitu pantai, seseorang yang menyukai traveling bisa memanfaatkan        hobinya itu. Berbeda dengan tipe orang yang tidak menyukai tempat yang ramai dan lebih                    menyukai tempat yang sepi maka kamar bisa menjadi alternatif pilihan. Karena tipe orang seperti        ini pastinya akan sulit untuk konsentrasi apabila terdapat suara bising di sekitarnya.

2. Mendengarkan Musik

    Kegiatan satu ini patut dicoba, terlebih untuk kalian yang memang hobi mendengarkan musik.            Cukup dengarkan dan hayati lagu yang sedang kalian play, siapa tahu setelahnya ide langsung            muncul. Namun, ada juga tipe orang yang memang harus mendengarkan lagu saat kehilangan ide,      tidak perlu menghayati, tipe orang yang seperti ini cukup mendengarkan saja dan ide akan menari-      nari di otak mereka.

3.Membaca

   Stigma masyarakat yang percaya jika orang yang suka membaca adalah orang yang kutu buku             harus dipatahkan. Dengan membaca maka pengetahuan seseorang semakin luas.Bahkan tidak akan     ada orang yang pintar, jika tidak ada buku yang mereka baca. Kenapa? Karena otak manusia tidak       bisa menampung semuanya. Kegiatan satu ini juga patut dicoba untuk memunculkan ide, hanya           saja perlu diingat membaca hanya dijadikan sebagai bahan ilmu pengetahuan bukan untuk                   menjiplak karya orang lain.

4. Berdiskusi dan bertanya

    Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain di hidupnya. Hal itu                      merupakan satu fakta yang memang benar adanya. Manusia tidak akan mampu hidup sendiri tanpa      bantuan orang lain.Salah satunya yaitu berdiskusi dan saling bertukar pendapat. Kita bisa                    memanfaatkan kegiatan ini. Berdiskusi dan bertanya kepada orang-orang sekitar juga bisa                    memancing agar ide keluar.

5. Menulis Diary

    Siapa yang memiliki hobi menulis Diary? Pastinya sahabat writers suka, bukan? Menuangkan              semua yang kita rasakan melalui tulisan mampu mengurangi perasaan sesak dan masalah yang            sedang dihadapi. Menceritakan tentang persahabatan, percintaan bukanlah hal yang biasa. Bisa            saja hal itu justru mendatangkan ide tulisan untuk kita saat penyakit stuck menyerang. Jadi jika
    sahabat writers memiliki Diari simpan baik-baik yah siapa tahu suatu saat nanti akan bermanfaat.

6. Mendengarkan curhatan teman

   Terkadang kita memiliki seseorang yang dipercaya untuk mendengarkan keluh kesah kita.                   Walaupun mereka tidak memiliki ikatan darah dengan kita sama sekali. Hal itu juga berlaku bagi         manusia lainnya tanpa merasa berat mereka akan menceritakan masalah mereka kepada kita. Hal         yang perlu kita lakukan adalah dengarkan mereka dengan baik-baik dan berikan solusi jika mereka     memerlukannya. karena tidak menutup kemungkinan melalui mereka kita bisa mendapatkan ide         sehingga bisa melawan virus writer's block.

Nah itulah beberapa tips yang bisa dicoba para pernulis untuk melawan writer's block.
Semoga bermanfaat!

6 Komentar:

Pada 28 Januari 2019 pukul 20.54 , Anonymous Rin Anne Reichan mengatakan...

Bener banget, dan aku suka ngeliatin orang di jalan dan itu bisa jadi inspirasi

 
Pada 28 Januari 2019 pukul 21.04 , Anonymous ephy scarf mengatakan...

Membaca dan menulis diary adalah obat manjur.

 
Pada 28 Januari 2019 pukul 22.26 , Anonymous Ujwar Firdaus mengatakan...

Bener sih. Writer block ini bikin mandek. kalo nggak diatasi, hancur sudah :D

 
Pada 28 Januari 2019 pukul 23.35 , Anonymous Shireishou mengatakan...

Bahasan kita sehati nih wakakakak.... Btw, mendengarkan curhat temen dan gosip2 itu seru banget

 
Pada 28 Januari 2019 pukul 23.44 , Anonymous Yani mengatakan...

Kalau saya biar dapat ide segar nonton yutub sama baca buku ebook banyak2 hehe

 
Pada 29 Januari 2019 pukul 15.21 , Anonymous Unknown mengatakan...

Huh, dua kali di blog bahas wb, dua kali aku jadi kena tampol. Karena minggu-minggu kebelakang ngerasain males parah buat nulis jadi ide ngadat datengnya 👓

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda